Tips Memasak Gulai Kambing yang Empuk dan Anti Prengus, Dijamin Lezat!

- 18 Juni 2024, 16:00 WIB
Tips Memasak Gulai Kambing yang Empuk dan Anti Prengus, Dijamin Lezat!
Tips Memasak Gulai Kambing yang Empuk dan Anti Prengus, Dijamin Lezat! /

MEDIA PEMALANG - Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang digemari banyak orang, terutama saat momen Idul Adha tiba. Rasanya yang khas dan gurih, menjadikannya hidangan favorit di berbagai daerah di Indonesia. Namun, mengolah daging kambing agar empuk dan tidak prengus memang membutuhkan trik khusus.

Tentang Daging Kurban Kambing

Daging kurban kambing memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan daging kambing pada umumnya. Dagingnya lebih rendah lemak dan kolesterol, sehingga lebih sehat dan aman dikonsumsi. Selain itu, daging kurban kambing juga memiliki aroma yang lebih harum dan teksturnya lebih empuk.

Olahan Gulai Kambing

Baca Juga: Cara Simpan Daging Kurban yang Tepat Berdasarkan Jenis Hewan, Dijamin Tetap Segar dan Tahan Lama

Gulai kambing merupakan salah satu olahan daging kambing yang paling populer dan digemari. Hidangan ini kaya akan rempah-rempah dan memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Gulai kambing biasanya disajikan bersama nasi putih, lontong, atau ketupat, dan dilengkapi dengan berbagai pelengkap seperti sambal, acar, dan kerupuk.

Tips Memasak Gulai Kambing yang Empuk dan Anti Prengus

  • Pilihlah daging kambing yang masih segar. Daging kambing segar memiliki warna merah muda cerah dan teksturnya kenyal. Hindari daging kambing yang berwarna pucat atau beraroma tidak sedap.
  • Potong daging kambing dengan ukuran yang sesuai. Potongan daging yang kecil akan lebih cepat matang dan empuk.
  • Lumuri daging kambing dengan bumbu. Bumbu yang biasa digunakan untuk gulai kambing antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, jintan, dan garam. Bumbu ini dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing.
  • Rebus daging kambing terlebih dahulu. Merebus daging kambing sebelum dimasak gulai akan membuatnya lebih empuk dan mudah dipotong.
  • Gunakan santan segar. Santan segar akan membuat gulai kambing lebih gurih dan creamy.
  • Masak dengan api kecil. Masak gulai kambing dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna dan dagingnya tidak gosong.
  • Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Daun salam, daun jeruk, dan serai akan menambah aroma gulai kambing yang harum.
  • Koreksi rasa sebelum disajikan. Pastikan gulai kambing memiliki rasa yang sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga: Tidak Lagi Khawatir Basi! Ini Rekomendasi Olahan Daging Kurban yang Bisa Tahan Berhari-hari

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memasak gulai kambing yang empuk, gurih, dan anti prengus. Daging kurban kambing yang istimewa dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang memanjakan lidah Anda dan keluarga. Selamat mencoba!

 

Editor: Gani P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub