Mengapa Aurora Borealis Tak Memancarkan Cahayanya di Langit Indonesia?

- 13 Mei 2024, 14:00 WIB
Mengapa Aurora Borealis Tak Memancarkan Cahayanya di Langit Indonesia?
Mengapa Aurora Borealis Tak Memancarkan Cahayanya di Langit Indonesia? /

MEDIA PEMALANG - Pernahkah Anda terpesona dengan keindahan Aurora Borealis, atau Cahaya Utara, yang menari-nari di langit malam? Fenomena alam yang menakjubkan ini seringkali digambarkan dalam film dan cerita, dan banyak orang yang ingin menyaksikannya secara langsung.

Namun, bagi Anda yang tinggal di Indonesia, menyaksikan Aurora Borealis secara langsung adalah hal yang mustahil. Mengapa demikian? Jawabannya terletak pada letak geografis Indonesia dan medan magnet Bumi.

Lokasi Aurora Borealis

Aurora Borealis terutama muncul di wilayah kutub, baik Kutub Utara (Aurora Borealis) maupun Kutub Selatan (Aurora Australis). Hal ini dikarenakan medan magnet Bumi yang berbentuk seperti donat raksasa, dengan garis-garis magnet yang terkonsentrasi di sekitar kutub.

Medan Magnet Bumi dan Aurora

Ketika badai Matahari terjadi, Matahari melepaskan partikel bermuatan listrik yang disebut angin Matahari. Angin Matahari ini tertarik oleh medan magnet Bumi, dan diarahkan ke kutub.

Di kutub, partikel bermuatan listrik ini bertabrakan dengan atom dan molekul di atmosfer Bumi, menyebabkan eksitasi dan ionisasi. Eksitasi dan ionisasi ini kemudian melepaskan energi dalam bentuk cahaya, yang terlihat sebagai Aurora Borealis.

Mengapa Aurora Tak Muncul di Indonesia?

Indonesia terletak di wilayah ekuator, yang jauh dari kutub. Medan magnet Bumi di ekuator relatif lemah. Akibatnya, partikel bermuatan listrik dari angin Matahari tidak terkonsentrasi di wilayah Indonesia.

Selain itu, atmosfer di Indonesia lebih padat dibandingkan dengan atmosfer di kutub. Kepadatan atmosfer ini menghalangi partikel bermuatan listrik untuk mencapai atmosfer bagian atas, di mana Aurora Borealis biasanya terbentuk.

Meskipun Aurora Borealis tidak dapat disaksikan di langit Indonesia, masih banyak fenomena alam menakjubkan lainnya yang dapat Anda nikmati di tanah air.

Jelajahi keindahan alam Indonesia dan rasakan kekayaan alam yang luar biasa.

Editor: Gani P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah