Inilah Rahasia Panjang Umur Ala Ahli Jantung Jepang: 8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Ditiru

- 19 Mei 2024, 10:14 WIB
Ilustrasi Menjaga Kesehatan agar Panjang Umur.
Ilustrasi Menjaga Kesehatan agar Panjang Umur. /pexels/

MEDIAPEMALANG.COM - Jepang telah lama dikenal sebagai negara dengan rata-rata usia harapan hidup tertinggi di dunia. Banyak orang pun penasaran, apa sebenarnya rahasia di balik umur panjang penduduk Negeri Sakura ini?

Reizo, seorang ahli jantung berusia 95 tahun dari Osaka, Jepang, membagikan 8 rutinitas yang ia yakini sebagai rahasia panjang umurnya. Meskipun sudah hampir satu abad usianya, Reizo mengaku hidup bahagia dan sehat.

Berikut 8 kebiasaan sederhana ala ahli jantung Jepang ini yang bisa Anda ikuti:

1. Rutin Jalan Pagi

Setiap hari, Reizo dan istrinya bangun pagi dan memulai hari dengan berjalan kaki selama 30 menit hingga satu jam di sekitar rumah mereka. Aktivitas ini membantu mereka mencapai 7.000 langkah per hari.

"Jalan pagi membantu kakek dan nenek saya memulai hari dengan penuh semangat," ujar Mika Cribbs, cucu mereka.

2. Berolahraga Ringan Secara Teratur

Setelah berjalan kaki, Reizo dan istrinya melanjutkan aktivitas dengan berolahraga ringan. Latihan mereka meliputi peregangan, latihan kekuatan, dan latihan keseimbangan.

Cribbs menjelaskan bahwa kakek dan neneknya memiliki rutinitas latihan yang berbeda setiap hari. Latihan yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan mereka agar tetap aktif tanpa membebani tubuh.

3. Menjaga Hubungan dengan Orang Tercinta

Di era digital ini, Reizo dan istrinya memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk tetap terhubung dengan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

Sebuah studi menunjukkan bahwa isolasi sosial pada lansia dapat meningkatkan tingkat kesepian, terutama pada laki-laki. Penggunaan media sosial dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa kesepian ini.

4. Menulis

Sejak 2014, Reizo rajin menuliskan pemikiran, pengalaman, dan pandangannya di blog. Saat ini, blognya telah memiliki lebih dari seribu postingan.

Halaman:

Editor: Dwi Andri Yatmo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah