UKT Melejit Tinggi? Ini Dalangnya! Cek Fakta Sistem Penentuannya di Sini!

- 19 Mei 2024, 06:26 WIB
Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) sempat diributkan mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU).
Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) sempat diributkan mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU). /pandapotans/usu.ac.id

MEDIAPEMALANG.COM - Kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang tinggi di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi sorotan publik. Hal ini memicu aksi protes dari para mahasiswa yang menuntut peninjauan kembali kebijakan tersebut dan mencari solusi yang lebih pro rakyat.

Menanggapi kritikan ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek, Tjitjik Sri Tjahjandarie, menjelaskan bahwa biaya kuliah harus dipenuhi oleh mahasiswa agar penyelenggaraan pendidikan memenuhi standar mutu. Ia berdalih bahwa pendidikan tinggi di Indonesia belum bisa gratis seperti di negara lain karena Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) belum bisa menutup semua kebutuhan operasional.

Tjitjik juga menegaskan bahwa pendidikan tinggi merupakan pendidikan tersier atau pilihan, bukan termasuk dalam wajib belajar 12 tahun. Penetapan UKT dan biaya lain mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kemendikbud.

Memahami Perbedaan BKT, UKT, dan SPI

Perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan antara Biaya Kuliah Tunggal (BKT), Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

1. BKT

BKT adalah keseluruhan biaya operasional per tahun yang terkait langsung dengan proses pembelajaran mahasiswa pada program studi di PTN. BKT dihitung berdasarkan Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT) yang mempertimbangkan capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jenis program studi, dan indeks kemahalan wilayah.

2. UKT

UKT adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penetapan UKT dilakukan oleh pimpinan PTN setelah berkonsultasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Besaran UKT dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua, atau pihak lain yang membiayainya.

Mahasiswa wajib membayar UKT secara penuh setiap semester. Namun, terdapat mekanisme seperti pembebasan sementara UKT, pengurangan UKT, perubahan kelompok, atau pembayaran secara mengangsur bagi mahasiswa yang mengalami penurunan kemampuan ekonomi.

3. SPI

SPI, biasa dikenal sebagai uang pangkal, dibayarkan oleh mahasiswa jalur mandiri. Besaran SPI ditentukan berdasarkan prinsip kewajaran, proporsional, dan berkeadilan dengan tetap memperhatikan kemampuan ekonomi mahasiswa.

Sistem Penetapan BKT dan UKT

Penetapan BKT pada suatu program studi dihitung berdasarkan SSBOPT. Sedangkan SSBOPT ditetapkan dengan mempertimbangkan capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jenis program studi, dan indeks kemahalan wilayah.

Halaman:

Editor: Dwi Andri Yatmo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah