10 Tanaman Hias Penurun Suhu Lingkungan: Ciptakan Udara yang Lebih Dingin secara Alami di dalam Rumah

- 17 Mei 2024, 13:00 WIB
Philodendron, tanaman hias pembersih udara di dapur/tangkapan layar youtube/SofiaZaid Channel
Philodendron, tanaman hias pembersih udara di dapur/tangkapan layar youtube/SofiaZaid Channel /

MEDIA PEMALANG - Suhu yang tinggi di dalam rumah dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan sulit untuk beristirahat. Namun, tidak perlu khawatir! Ada cara alami dan efektif untuk menurunkan suhu di sekitar rumah tanpa perlu mengandalkan AC.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menanam tanaman hias yang memiliki kemampuan menurunkan suhu lingkungan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 tanaman hias yang dapat membantu menciptakan udara yang lebih dingin secara alami di dalam rumah.

Baca Juga: Tanpa AC di Rumah, 10 Tanaman Sejuk yang Menurunkan Suhu Lingkungan dengan Alami

1. Sirsak (Annona muricata)

Tanaman sirsak memiliki daun yang lebat dan besar, yang mampu menyerap panas dan mengurangi suhu di sekitarnya. Selain itu, sirsak juga menghasilkan bayangan yang luas, sehingga memberikan efek penyejuk pada lingkungan sekitarnya. Anda dapat menanam sirsak di halaman atau dalam pot di dalam rumah.

2. Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki daun tebal dan berair. Tanaman ini memiliki kemampuan alami untuk menyerap panas dan memberikan efek penyejuk pada udara di sekitarnya. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat penyegar dan dapat memberikan kelembapan pada udara di dalam rumah.

3. Kenanga (Cananga odorata)

Tanaman kenanga memiliki bunga yang harum dan daun yang lebat. Selain memberikan aroma yang menyegarkan, kenanga juga mampu menyerap panas dan mengurangi suhu di sekitarnya. Anda dapat menanam kenanga di halaman atau dalam pot di dalam rumah.

4. Lavender (Lavandula)

Lavender adalah tanaman yang memiliki bunga yang harum dan daun yang lebat. Selain memberikan aroma yang menenangkan, lavender juga memiliki kemampuan untuk menyerap panas dan memberikan efek penyejuk pada udara di sekitarnya. Anda dapat menanam lavender di halaman atau dalam pot di dalam rumah.

5. Pohon Beringin (Ficus benjamina)

Pohon beringin memiliki daun yang lebat dan rimbun, yang mampu menyerap panas dan mengurangi suhu di sekitarnya. Selain itu, pohon beringin juga memberikan naungan yang luas, sehingga dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari langsung.

6. Pohon Kelapa (Cocos nucifera)

Pohon kelapa memiliki daun yang besar dan berair, yang membantu mengurangi suhu udara di sekitarnya. Selain itu, pohon kelapa juga menghasilkan bayangan yang lebat, sehingga memberikan efek pendinginan pada lingkungan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Chamdani Lukman Bachtiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah