Ngeri! HP Murah Ini Bikin Samsung & Xiaomi Ketar-Ketir, Penjualannya Melejit 3 Kali Lipat!

- 18 Mei 2024, 08:00 WIB
Penjualan merek HP China tak terkenal melonjak nyaris tiga kali lipat. Apa nama merek China ini sampai menjadi raja di Indonesia?
Penjualan merek HP China tak terkenal melonjak nyaris tiga kali lipat. Apa nama merek China ini sampai menjadi raja di Indonesia? /

MEDIAPEMALANG.COM - Transsion, perusahaan teknologi asal Tiongkok, menorehkan prestasi gemilang di pasar smartphone Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024. Menjadi penguasa segmen budget, Transsion berhasil menduduki posisi ketiga dengan pangsa pasar 16,1%, jauh melampaui pencapaian mereka di periode yang sama tahun 2023 (5,4%).

Kegemilangan Transsion tak berhenti di situ. Pertumbuhan tahunan mereka di Indonesia menjadi yang paling fantastis di antara para pesaingnya, mencapai 279,4% atau hampir 3 kali lipat! Angka ini jauh mengungguli Oppo, sang raja smartphone di kuartal pertama dengan pertumbuhan 8,5%. Pesaing lainnya seperti Samsung (-8,2%), Vivo (21,4%), dan Xiaomi (44,4%) pun tak mampu menandingi laju Transsion yang luar biasa.

Pencapaian gemilang Transsion ini tak lepas dari strategi mereka yang fokus pada segmen budget atau low-end, di mana mereka menawarkan smartphone dengan harga terjangkau dan spesifikasi yang mumpuni. Momen Ramadhan yang jatuh di kuartal pertama juga turut menjadi faktor pendorong pertumbuhan signifikan penjualan smartphone, termasuk produk-produk Transsion.

Baca Juga: Gak Nyangka Tecno POVA 6 Neo! HP Gaming Rp 2 Jutaan Ini Punya Kamera 108MP dan Baterai 7000mAh!

Secara keseluruhan, pasar smartphone Indonesia di kuartal pertama 2024 menunjukkan tren positif dengan pertumbuhan 27,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Dibandingkan kuartal sebelumnya, pertumbuhannya pun mencapai 11,5%. Total 10 juta unit smartphone terjual pada periode ini.

Di segmen lain, iPhone masih kokoh di puncak segmen premium dengan kisaran harga US$600 ke atas, mencatat pertumbuhan 12,8% year-on-year (yoy). Sementara itu, segmen menengah atau mid-range dengan kisaran harga US$300 hingga US$600 menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat, mencapai 73,4% yoy.

Keberhasilan Transsion di pasar Indonesia menunjukkan potensi besar segmen budget dan strategi tepat perusahaan dalam menjangkau konsumen di segmen tersebut. Pencapaian ini menjadi indikator bahwa pasar smartphone Indonesia masih memiliki ruang yang luas untuk terus bertumbuh di masa depan.***

Editor: Dwi Andri Yatmo


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah