iPhone 15 Gagal Total! Inilah Kesalahan Fatal Apple yang Bikin iPhone 15 Gagal di China

- 19 Mei 2024, 06:00 WIB
Pilih iPhone 15 Plus atau iPhone 15 Pro? Cek Perbedaan dan Perbandinganya DI SINI.
Pilih iPhone 15 Plus atau iPhone 15 Pro? Cek Perbedaan dan Perbandinganya DI SINI. /Apple

MEDIAPEMALANG.COM - Penjualan iPhone 15 di China anjlok 19% secara tahunan pada kuartal pertama 2024, jauh dari ekspektasi Apple. Hal ini diperparah dengan penurunan global 9,6% di periode yang sama. Di tengah keterpurukan iPhone, Apple meluncurkan iPad Pro dan Air terbaru dengan teknologi AI sebagai fokus utama.

Namun, para analis ragu iPad mampu menggenjot bisnis Apple secara signifikan. Kemungkinan besar, iPad dijadikan produk eksperimen untuk memperkenalkan AI sebelum disematkan pada iPhone 16.

Kehilangan Dominasi dan Inovasi

Apple kehilangan dominasinya di pasar smartphone global, tergeser oleh Samsung. Di China, Vivo berhasil menggeser Apple ke posisi ketiga, hanya selisih tipis dari Huawei di urutan keempat.

Dulu, iPhone dikenal sebagai trendsetter dengan inovasi terdepan. Tapi, strategi Apple untuk membedakan iPhone ke beberapa varian dan hanya menggunakan chip tercanggih untuk seri Pro justru menimbulkan persepsi negatif.

Baca Juga: 6 Perubahan Besar pada Desain Seri iPhone 16, Banyak Peningkatan Performa!

Banyak pengguna merasa iPhone tidak lagi paling canggih, kalah dari smartphone Android premium dengan chip Snapdragon terbaru yang dirilis setiap tahun. Ditambah lagi, HP Android gencar menawarkan spesifikasi mentereng seperti baterai jumbo, layar besar beresolusi tinggi, dan kamera beresolusi tinggi.

Terlambat Mengadopsi AI

Setahun setelah popularitas AI meledak di smartphone, Apple baru mengubah fokusnya dari mobil pintar ke pengembangan AI. Strategi ini sudah lebih dulu dilakukan Samsung dengan memperkenalkan AI di Galaxy S24, terbukti mendongkrak minat beli.

Beberapa HP Android seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Honor pun sudah mulai menggembar-gemborkan fitur AI. Sementara itu, Apple terlihat terlambat mengadopsi teknologi ini pada iPhone 15.

Akibatnya, iPhone 15 dinilai kurang inovatif dan tidak menarik dibandingkan smartphone Android terbaru. AI yang digadang-gadang sebagai teknologi masa depan mau tak mau harus diadopsi oleh Apple.

Halaman:

Editor: Dwi Andri Yatmo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah