Penjualan iPhone 15 Anjlok 19%! Inilah Alasan Mengapa Orang China Lebih Memilih Merek Lain

- 19 Mei 2024, 07:00 WIB
Perbandingan Spesifikasi iPhone 15 Plus vs iPhone 15: Pilih Mana yang Cocok untuk Dipinang!
Perbandingan Spesifikasi iPhone 15 Plus vs iPhone 15: Pilih Mana yang Cocok untuk Dipinang! /Apple.com/

MEDIAPEMALANG.COM - Penjualan iPhone 15 di China, pasar smartphone terbesar dunia, anjlok 19% secara tahun-ke-tahun (yoy) pada kuartal pertama (Q1) 2024. Hal ini memicu kekhawatiran bagi Apple, yang kini harus bersaing ketat dengan Samsung dan Vivo di pasar global.

Di tengah situasi ini, Apple meluncurkan iPad Pro dan Air terbaru dengan berbagai inovasi terkini, termasuk teknologi AI yang sedang populer. CEO Tim Cook bahkan menyebut peluncuran ini sebagai "hari terpenting sejak iPad 14 tahun lalu".

Namun, para analis ragu iPad mampu mendongkrak bisnis Apple secara signifikan. Kemungkinan besar, iPad digunakan sebagai platform percobaan untuk memperkenalkan AI sebelum diterapkan pada iPhone 16.

iPhone 16: Penentuan Dominasi Apple

Baca Juga: Render iPhone 16 yang Akan Rilis Tahun 2024 Bocor? Masih Pake Dynamic Island?

iPhone 16 menjadi momen krusial bagi Apple untuk menegaskan kembali dominasinya di industri smartphone. Di pasar global, Samsung telah merebut posisi "raja" ponsel dari Apple, sedangkan di China, Vivo kini menempati urutan pertama, menggeser Apple ke posisi ketiga.

Mengapa iPhone 15 Terpuruk?

Menurut Gizchina, ada dua alasan utama yang menyebabkan iPhone 15 tak laku di pasaran:

1. Kalah Canggih

Dulu, iPhone dikenal sebagai trendsetter dengan inovasi terdepan. Namun, strategi Apple untuk membedakan iPhone ke beberapa varian dan hanya menggunakan chip tercanggih di seri Pro menuai kritik. Konsumen mulai mempertanyakan performa iPhone, terutama dibandingkan dengan smartphone Android premium yang menggunakan chip Snapdragon terbaru setiap tahunnya.

Selain performa, smartphone Android juga gencar menawarkan spesifikasi mentereng seperti baterai jumbo, layar besar dengan resolusi tinggi, dan kamera beresolusi besar. Hal ini membuat persepsi bahwa iPhone bukan lagi HP terbaik, apalagi dengan harga yang relatif lebih mahal.

Halaman:

Editor: Dwi Andri Yatmo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah