Apple Gigit Jari! Inilah Alasan Mengapa iPhone 15 Tak Diminati di China, No. 2 Bikin Apple Ketar-Ketir

- 19 Mei 2024, 08:00 WIB
Review iPhone 15 Pro Max VS iPhone 15 Plus
Review iPhone 15 Pro Max VS iPhone 15 Plus /Tangkap Layar Youtube

MEDIAPEMALANG.COM - Penjualan seri iPhone 15 di China mengalami penurunan drastis, tidak sesuai dengan ekspektasi. Di pasar smartphone terbesar dunia itu, penjualan iPhone anjlok 19% secara tahun-ke-tahun (yoy) pada kuartal pertama (Q1) 2024. Tren ini pun terjadi secara global, dengan penurunan penjualan iPhone 15 sebesar 9,6% yoy pada Q1 2024.

Melihat situasi ini, Apple tidak tinggal diam. Pada pekan lalu, mereka meluncurkan seri iPad Pro dan Air terbaru dengan berbagai inovasi terkini, termasuk teknologi AI yang sedang naik daun. "Ini adalah hari terpenting sejak peluncuran iPad 14 tahun lalu," kata CEO Tim Cook dalam acara peluncuran.

Namun, para analis ragu iPad baru ini dapat mendongkrak bisnis Apple secara signifikan. Kemungkinan besar, iPad digunakan sebagai produk percobaan untuk memperkenalkan AI sebelum disematkan pada seri iPhone 16.

Baca Juga: 6 Perubahan Besar pada Desain Seri iPhone 16, Banyak Peningkatan Performa!

Di sisi lain, iPhone 16 menjadi penentu penting bagi Apple untuk kembali menegaskan dominasinya di industri smartphone. Di ranah global, posisi Apple sebagai 'raja' ponsel telah direbut oleh Samsung. Di China, Apple harus rela digeser oleh Vivo dan kini berada di posisi ketiga, hanya sedikit di atas Huawei di urutan keempat.

Apa yang menyebabkan iPhone 15 terpuruk dan tidak laku di pasaran? Ada dua alasan utama:

1. iPhone Kehilangan Keunggulan Inovasi

Dulu, iPhone dikenal sebagai trendsetter yang selalu menghadirkan inovasi terbaru di pasaran. Bahkan, banyak fitur dan desain yang diluncurkan pertama kali di iPhone kemudian diikuti oleh pabrikan smartphone Android.

Namun, sejak Apple membedakan iPhone ke beberapa varian dan hanya menggunakan chip tercanggih untuk seri Pro, kinerjanya mulai dipertanyakan. Strategi ini memang efektif untuk menambah profit perusahaan, tetapi di saat bersamaan menciptakan persepsi lain di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Bocoran Desain iPhone 16 Terungkap! Akan Ada Beberapa Peningkatan Performa, Seperti Apa?

Pabrikan smartphone Android premium yang menggunakan chip Snapdragon terbaru setiap tahunnya dari Qualcomm akhirnya mampu mengalahkan kinerja prima iPhone. Ditambah lagi, HP Android gencar memberikan spesifikasi mentereng seperti baterai berkapasitas besar, layar besar dengan resolusi tinggi, hingga kamera beresolusi besar.

Halaman:

Editor: Dwi Andri Yatmo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah