MEDIAPEMALANG.COM - Perjodohan antara sepupu dekat sebagai bagian dari tradisi di berbagai daerah telah bertahan lama untuk menjaga nasab dan keturunan.
Namun, pertanyaan seputar hukum menikahi sepupu sendiri dalam Islam sering kali menjadi perdebatan. Mari kita tinjau lebih lanjut.
Menurut Al-Qur’an, yang secara jelas menjelaskan siapa yang boleh dan tidak boleh dinikahi, para ulama sepakat mengenai hukum menikahi sepupu sendiri.
Namun, pernikahan bukan hanya soal halal atau haram. Ada pertimbangan lebih dalam terkait aspek keturunan dan harmoni dalam rumah tangga.
Hukum Menikahi Sepupu Sendiri
Landasan dalil terkait apa hukum menikahi sepupu sendiri terdapat dalam Surat Al-Ahzab ayat 50. Dalam ayat tersebut secara rinci dijelaskan sepupu mana saja yang boleh dinikahi.
يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ إِنَّآ أَحۡلَلۡنَا لَكَ أَزۡوَٰجَكَ ٱلَّٰتِىٓ ءَاتَيۡتَ أُجُورَهُنَّ وَمَا مَلَكَتۡ يَمِينُكَ مِمَّآ أَفَآءَ ٱللَّهُ عَلَيۡكَ وَبَنَاتِ عَمِّكَ وَبَنَاتِ عَمَّٰتِكَ وَبَنَاتِ خَالِكَ وَبَنَاتِ خَٰلَٰتِكَ الّٰتِيْ هَاجَرْنَ مَعَكَۗ
“Wahai Nabi (Muhammad), sesungguhnya kami telah menghalalkan bagimu istri-istrimu yang telah engkau berikan maskawinnya dan hamba sahaya yang engkau miliki dari apa yang engkau peroleh dalam peperangan yang dianugerahkan Allah untukmu dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang telah hijrah bersamamu…”
Ketika menafsirkan ayat ini, Ibnu Katsir mengatakan bahwa suatu kali Rasulullah hendak menikahi anak perempuan saudara laki-laki ayahnya, yaitu Ummu Hani. Ummu Hani adalah kakak Ali bin Abi Thalib yang masih sepupu satu kali dengan Nabi Muhammad. Namun Ummu Hani sendiri yang menolak pinangan Rasulullah.