Berfabrikasi 3nm, Chip M4 Apple Akan Mengubah Permainan AI di Mac

- 13 April 2024, 18:00 WIB
Apple Mac M4 akan fokus ke AI.
Apple Mac M4 akan fokus ke AI. /Apple/

MEDIA PEMALANG - Apple tengah mempersiapkan generasi berikutnya dari chip Mac yang akan menampilkan peningkatan signifikan pada kinerja kecerdasan buatan (AI). Berikut adalah ringkasan informasi terperinci mengenai rencana Apple untuk chip M4 yang berfokus pada AI.

Peningkatan Signifikan pada Kinerja AI

Fokus pada Kecerdasan Buatan

Chip Mac generasi berikutnya, yang dikenal sebagai chip M4, akan berfokus pada peningkatan kinerja untuk tugas-tugas kecerdasan buatan. Ini termasuk pengembangan varian chip yang diperkaya dengan kemampuan pemrosesan data AI, yang menjanjikan performa yang lebih tangkas dan responsif dalam aplikasi yang memanfaatkan AI daripada generasi sebelumnya.

Baca Juga: Sony Ult Wear: Ulasan Lengkap tentang Headphone Terbaru dari Sony

Varian dan Penerapan Chip M4

Rencana Apple mencakup pengembangan setidaknya tiga varian utama dari chip M4, yaitu: Donan sebagai varian entry-level, Brava untuk tingkat menengah, dan Hidra sebagai varian top-end. Chip ini diharapkan diterapkan tidak hanya pada Mac versi terbaru, seperti iMac, MacBook Pro versi 14 inci yang lebih terjangkau, MacBook Pro versi 14 dan 16 inci kelas atas, serta Mac mini, tetapi juga pada model Mac lain di tahun-tahun berikutnya.

Peningkatan untuk Ecosystem Apple

Lebih lanjut, penerapan chip M4 juga akan meningkatkan sinergi antara Mac dengan perangkat iOS dan iPadOS, menjanjikan ekosistem yang lebih terintegrasi dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Ini termasuk peningkatan pada fitur seperti Handoff dan Universal Clipboard, yang akan memperkaya pengalaman pengguna dalam menggunakan berbagai perangkat Apple.

Teknologi Pembuatan Chip

Chip M4 akan dibuat dengan menggunakan proses 3-nanometer (nm) yang dikembangkan oleh TSMC, mitra produksi Apple. Proses ini diharapkan meningkatkan performa dan efisiensi energi chip secara signifikan.

Dengan fokus pada AI, chip M4 dari Apple diharapkan membuka era baru dari komputasi dengan performa AI yang lebih kuat, memperluas kemungkinan aplikasi AI di Mac, dan memperkuat posisi Apple dalam kompetisi teknologi AI.

Baca Juga: Mana yang Lebih Unggul? Tes Daya Tahan Baterai iPhone 8 plus, 10, 11, 11 Pro, 11 Pro Max

Dengan peningkatan kinerja AI yang signifikan, chip M4 Apple akan membawa pengalaman pengguna Mac ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, integrasi yang lebih erat dengan perangkat iOS dan iPadOS juga menjanjikan ekosistem Apple yang lebih menyatu dan responsif. Dengan teknologi pembuatan chip terbaru, performa dan efisiensi energi chip M4 diharapkan akan menjadi tonggak baru dalam industri komputasi.

Halaman:

Editor: Chamdani Lukman Bachtiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah